Bentuk kepala piston berdampak signifikan pada performa dan karakteristik pembakaran mesin.
Piston Flat Top
- Desain sederhana: Tidak ada modifikasi pada kepala piston.
- Pembakaran merata: Meningkatkan pembakaran campuran udara-bahan bakar yang konsisten dan efisien.
- Rasio kompresi yang lebih tinggi: Sering digunakan pada mesin dengan ruang pembakaran yang lebih kecil.
Piston Cekung
- kepala berlekuk: Menciptakan area cekung, mengurangi volume ruang pembakaran.
- Rasio kompresi yang lebih rendah: Biasanya digunakan pada mesin dengan ruang pembakaran yang lebih besar atau tingkat dorongan yang lebih tinggi.
- Pendinginan yang ditingkatkan: Bentuk cekung dapat membantu pembuangan panas.
Piston Kubah
- kepala terangkat: Meningkatkan volume ruang pembakaran, meningkatkan rasio kompresi.
- Berorientasi pada performa: Sering digunakan pada mesin berperforma tinggi untuk meningkatkan tenaga.
- Potensi detonasi: Memerlukan penyetelan yang cermat untuk mencegah kerusakan mesin.
