Poros Engkol (Crankshaft) - Cara Kerja & Masalah Umum

 Poros Engkol (Crankshaft):


Poros engkol adalah komponen inti dari mesin pembakaran internal. Poros ini bertanggung jawab untuk mengubah gerakan linier piston menjadi gerakan rotasi, yang pada akhirnya menggerakkan roda kendaraan Anda.



Bagaimana Cara Kerja Poros Engkol?

- Batang penghubung: Batang ini menghubungkan piston ke poros engkol.

- Pin engkol: Ini adalah bagian poros engkol tempat batang penghubung terpasang.

- Bantalan utama: Menopang poros engkol di dalam blok mesin.

Saat piston bergerak naik dan turun di dalam silinder, piston memberikan gaya pada batang penghubung, yang pada gilirannya memutar poros engkol. Desain poros engkol, termasuk pemberatnya, membantu menyeimbangkan gaya mesin dan mengurangi getaran.


Masalah Umum Poros Engkol:

- Bantalan yang aus: - Dapat menyebabkan suara ketukan, konsumsi oli, dan berkurangnya tenaga mesin.

- Retak atau patah: - Disebabkan oleh tekanan berlebihan atau panas berlebih, dapat menyebabkan kegagalan mesin yang fatal.

- Kerusakan jurnal: _Dapat terjadi karena kurangnya pelumasan atau keausan berlebihan, yang menyebabkan mesin berderak dan terlalu panas.

Poros engkol yang rusak merupakan masalah serius yang biasanya memerlukan perbaikan atau penggantian mesin.

.