Injeksi bahan bakar elektronik (EFI) memberikan kontrol yang sangat presisi terhadap distribusi bahan bakar ke setiap silinder mesin pembakaran internal baik dalam kondisi operasi tetap maupun sementara, sehingga memungkinkan kontrol kimia gas buang yang tepat.
Selama beberapa waktu, distribusi bahan bakar EFI dijadwalkan atau diprogram sebelumnya dengan sangat akurat berdasarkan beberapa parameter mesin yang dideteksi.
Baru-baru ini, kontrol loop tertutup injeksi bahan bakar elektronik, dengan berbagai keunggulannya, telah terwujud. Untuk sistem loop tertutup ini, telah dikembangkan sensor yang mengukur konsentrasi oksigen dalam gas buang dan yang mengeluarkan tegangan listrik yang berubah tajam saat rasio udara/bahan bakar mendekati titik stoikiometri. Dengan mendeteksi titik operasi unik ini dan memberikan sinyal balik ke sirkuit kontrol elektronik, distribusi bahan bakar dapat divariasikan sedemikian rupa sehingga A/F dapat dipertahankan secara realistis dalam kisaran rasio ±0,1.
Katalis gas buang tiga arah yang digunakan dengan kontrol loop tertutup sangat efisien mengurangi konsentrasi ketiga emisi berbahaya (hidrokarbon, karbon monoksida, dan oksida nitrogen) dalam rentang rasio terbatas ini. Sistem ini telah menunjukkan tingkat emisi tahun 1976 (jarak tempuh rendah) di laboratorium dan masih memberikan kemampuan berkendara, kinerja, dan penghematan bahan bakar kendaraan yang baik.
