Sistem pemasukan udara pada mesin mobil sangat penting untuk menyalurkan udara bersih dan terkendali ke dalam mesin untuk pembakaran.
Berikut ini adalah ikhtisar komponen utamanya dan cara kerjanya:
1. Kotak Filter Udara:
Fungsi: Berisi filter yang menghilangkan kotoran, debu, dan partikel lain dari udara sebelum memasuki mesin. Udara bersih sangat penting untuk pembakaran yang efisien.
2. Badan Penggerak Gas:
Fungsi: Berfungsi sebagai katup yang mengatur seberapa banyak udara yang masuk ke dalam mesin. Katup ini terbuka dan tertutup berdasarkan masukan pengemudi dari pedal gas, yang mengendalikan aliran udara.
3. Sensor Aliran Udara Massa (MAF):
Fungsi: Mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam mesin, dan memberikan data ini ke Unit Kontrol Mesin (ECU). Ini membantu dalam menyesuaikan campuran bahan bakar-udara untuk kinerja yang optimal.
4. Manifold Pemasukan:
Fungsi: Sistem pipa yang mendistribusikan udara secara merata ke setiap silinder mesin, memastikan pembakaran yang seimbang di semua silinder. Cara Kerjanya:
1. Udara masuk ke mesin melalui kotak filter udara, tempat udara tersebut dibersihkan.
2. Badan katup gas mengontrol seberapa banyak udara yang boleh masuk berdasarkan seberapa kuat Anda menekan pedal gas.
3. Sensor MAF mengukur udara yang mengalir melalui badan katup gas dan mengirimkan informasi ini ke ECU.
4. Udara kemudian didistribusikan ke silinder mesin melalui intake manifold untuk pembakaran.
Sistem intake yang berfungsi dengan baik memastikan mesin Anda berjalan lancar, dengan campuran bahan bakar-udara yang tepat, mengoptimalkan kinerja dan efisiensi bahan bakar.
