Bagian dari Rangka Transmisi Motor

Bagian-Bagian dari Rangka Transmisi Motor (GARDAN)


Rangka transmisi motor merupakan bagian penting dari kendaraan, yang bertugas memindahkan tenaga dari motor ke roda. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk bergerak dan menyesuaikan diri dengan berbagai kecepatan dan kondisi gaya. Berikut ini adalah bagian-bagian mendasar dari rangka transmisi motor umum:

---


1. Kopling (Transmisi Manual)/Konverter Gaya (Transmisi Terprogram)

Kopling: Ditemukan dalam transmisi manual, kopling menarik dan memisahkan motor dari transmisi untuk bekerja dengan perubahan gigi.

Konverter Gaya: Dalam transmisi terprogram, kopling dengan lancar mengirimkan kapasitas motor ke transmisi sambil memungkinkan peningkatan kecepatan yang mulus.

2. Roda Gila

Tersambung ke batang penggerak motor, roda gila menjaga kecepatan motor yang konsisten dan penyampaian daya yang mulus. Dalam transmisi manual, kopling juga berperan dalam komitmen kopling.

3. Kotak Gir (Transmisi)

Kotak Gir berisi berbagai set bahan, yang memungkinkan perubahan kecepatan dan gaya. Kopling memungkinkan kendaraan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi berkendara dengan memilih proporsi bahan yang sesuai. 4. Roda Pinion dan Poros

Roda gigi: Mengatur kecepatan dan gaya putar. Jenis yang umum termasuk roda pinion prod, heliks, dan planetary (digunakan dalam transmisi otomatis).

Poros: Poros info, yield, dan countershaft memindahkan daya di dalam kotak roda gigi.

5. Sinkronisasi (Transmisi Manual)

Komponen-komponen ini menyinkronkan kecepatan benda dan poros selama perpindahan gigi, dengan mempertimbangkan perpindahan yang halus tanpa kerusakan.

6. Sakelar Persneling dan Penghubung (Transmisi Manual)

Sakelar perpindahan gigi, yang dioperasikan oleh pengemudi, dikaitkan dengan kerangka penghubung yang memindahkan roda gigi ke posisi yang dipilih.

7. Cairan Transmisi

Cairan transmisi melumasi dan mendinginkan kerangka, mengurangi keausan. Dalam transmisi terprogram, cairan ini juga bekerja dengan transmisi daya.

8. Poros Yield

Memindahkan daya putar dari kotak roda gigi ke poros penggerak atau penggerak akhir, yang memungkinkan pergerakan kendaraan.

9. Diferensial

Memungkinkan roda penggerak berputar pada berbagai kecepatan, yang penting untuk menikung dengan halus dan mencegah keausan ban. Ini dapat dimasukkan ke dalam transmisi atau kemampuan sebagai unit yang berbeda, bergantung pada rencana drivetrain.

10. Poros penggerak

Memindahkan gaya dari transmisi ke diferensial atau penggerak terakhir, khususnya pada kendaraan roda belakang atau penggerak semua roda.

11. Sambungan CV/Sambungan U

Sambungan Kecepatan Tetap (CV) dan Sambungan Umum (U) memberikan fleksibilitas pada drivetrain, yang mengakomodasi perubahan titik saat roda bergerak atau berputar sambil mempertahankan penyaluran daya yang berkelanjutan.

12. Penggerak Terakhir

Terletak di dalam atau dekat diferensial, penggerak terakhir mengubah kecepatan dan gaya yang disalurkan ke roda, mengurangi kecepatan transmisi untuk memberikan gaya yang lebih besar.


Setiap bagian dari kerangka transmisi bekerja sebagai satu kesatuan untuk menjamin penyaluran daya yang efisien dari motor ke roda, menyesuaikan dengan berbagai kondisi berkendara dan meningkatkan kinerja kendaraan.

.